Sunday, September 6, 2015

Truman Simanjuntak dan Pluralisme Prasejarah Nusantara

Truman Simanjuntak dan Pluralisme Prasejarah Nusantara

Penelitian arkeologinya menyiratkan: Pluralitas sudah terlihat sejak manusia tertua menghuni Jawa. Menghapus kebinekaan hanya membuat negeri ini hancur.

Truman Simanjuntak dan Pluralisme Prasejarah NusantaraEkskavasi di Gua Harimau di Baturaja, Sumatra Selatan. Selain menemukan 80 kerangka individu selama 2009-2015, di gua itu Truman Simanjuntak dan timnya juga menyelisik tinggalan gambar cadas pertama di Sumatra. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)
“Arkeologi berangkat dari kelampauan, bermuara pada kekinian, dan berproyeksi ke masa depan...,” ucap Profesor Riset Harry Truman Simanjuntak dengan intonasi yang mantap. “Luar biasa bukan?”

“Tetapi,” dia buru-buru melanjutkan, “arkeologi adalah ilmu yang sepi dari tepuk tangan, langka dalam perbincangan, dan jauh dari kemewahan atau kekayaan.”
“Pak Truman”, demikian sapaan akrabnya, tengah memberikan sambutan atas penghargaan ilmu pengetahuan LIPI Sarwono Award 2015 pada Kamis pagi, 20 Agustus 2015 di Jakarta. Sosoknya dikenal sebagai ahli arkeologi bidang prasejarah dari Pusat Arkeologi Nasional. Dia juga peneliti utama dan sekaligus pendiri Center for Prehistory and Austronesian Studies.

Sarwono Award mulai dianugerahkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sejak 2002, dan Truman merupakan orang ke-23 yang menerimanya. Penghargaan ini diberikan kepada perorangan yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, dan kemanusiaan. Sarwono Award digelar untuk mengenang jasa Prof.Dr. Sarwono Prawirohardjo. Dia merupakan salah satu ilmuwan terkemuka yang berperan besar dalam pembangunan kelembagaan ilmu pengetahuan di Indonesia, yang kelak menjadi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Selama 38 menekuni dunia arkeologi, Truman telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk menelusuri prasejarah Indonesia. Sederet hasil penelitiannya—tentang hominid dan palaeolitik di penjuru Indonesia, mengungkap kehidupan Plestosen Akhir sampai Holosen Awal, hingga budaya Megalitik—telah menjadi rujukan banyak peneliti dunia.

“Para leluhur Nusantara telah menorehkan karya-karya besar yang mendunia mendahului zamannya,” ujarnya. “Nilai-nilai ini mestinya dapat memotivasi bangsa kita di masa sekarang dan masa datang untuk meraih capaian-capaian yang mendunia, mengikuti bahkan melebihi para leluhurnya.”

Dalam orasi pengukuhannya sebagai profesor riset pada 2006, Truman pernah mengungkapkan mengenai kemajemukan dalam prasejarah Indonesia. “Kita tidak bisa menghindar dari pluralisme,” ungkapnya. “Hanya kehancuran jika bangsa Indonesia dipaksakan seragam.” Keseragaman hanya akan membuat negeri ini hancur, hemat Truman, dan apabila negeri ini bangkit selepas kehancurannya pun kelak muncul keanekaragaman lagi. Artinya, membangun bangsa ini harus berdasarkan kebinekaan. “Ini yang harus ditonjolkan agar Indonesia menjadi sebuah bangsa yang berperadaban khas.”
Truman Simanjuntak berangkat ...Truman Simanjuntak berangkat menuju Gua Harimau, membelah jalan setapak di perbukitan karst Baturaja, Sumatra Selatan. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Tatkala jumpa pers usai menerima Sarwono Award, Truman mengungkapkan kembali orasi ilmiah tersebut. Pada kenyataannya memang pluralisme telah mewarnai Indonesia. Bahkan, kata Truman, pluralisme itu ada sejak masa kehidupan penutur Austronesia—kita mengenalnya sebagai leluhur kita—yang menghuni Nusantara sekitar 4.000 tahun yang lalu. “Sejak manusia tertua menghuni Jawa, pluralitas sudah terlihat,” ujarnya, “baik dalam bentuk fisik manusianya maupun dalam bentuk budayanya.”

Nusantara memiliki kebudayaan yang sangat beragam di setiap daerah, kendati kawasan itu juga memiliki kebudayaan umum yang merupakan kebudayaan dasar—Truman menyebutnya sebagai neolitic package.  

Para penutur Austronesia itu membawa budaya ke Nusantara. Lantaran evolusi lokal dan masuknya pengaruh luar yang berbeda di setiap bagian nusantara, perkembangan budaya itu melahirkan kekhasan lokal. Truman mencontohkan, kebinekaan itu muncul dalam unsur-unsur budaya—corak tembikar, pembuatan kain dari kulit kayu, ragam mata panah. “Fakto-faktor yang memengaruhi kebinekaan itu ada semua di sini,” ujarnya, “mulai lingkungan sampai keletakan geografisnya, maupun kondisi geografisnya.”

Selain kebinekaan dalam kebudayaan, Nusantara juga memiliki kebinekaan untuk kelompok manusia yang menghuninya karena pengaruh adaptasi lokal. Penutur Austronesia awal telah beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda-beda, hingga menciptakan tampilan manusia yang berbeda dan budaya berbeda. “Misal nutrisi yang berbeda di setiap tempat yang menimbulkan kekhasan,” ujar Truman. “Ini yang disebut etnogenesis Indonesia.”
Truman Simanjuntak, berbusana ...Truman Simanjuntak, berbusana lengan panjang, dan Awang Harun Satyana, bertas pinggang, sedang beramah tamah dengan warga Sangiran yang dahulu mencari fosil untuk dijual. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)
Kegandrungan Truman dalam dunia arkeologi bukan kebetulan. Dia mengenang, keinginan itu bertumbuh sejak dia duduk di Sekolah Rakyat. Gurunya pernah berkisah tentang kemegahan Borobudur dan berwasiat kepada murid-muridnya bahwa bila mereka rajin belajar, pasti mereka akan sampai ke candi itu. Bagi Truman, pernyataan sederhana itu teringiang-ngiang terus dalam pikirannya. “Artinya apa,” kata Truman retorik, “kita membutuhkan guru yang inspiring di sekolah!”

Modal utama untuk tertarik arkeologi atau sejarah, demikian hemat Truman, adalahpassion atau minat atau kegemaran untuk mengetahui sesuatu. Namun, bagi yang tidak punya kegemaran dalam bidang tersebut, passion dapat ditumbuhkan lewat pendidikan, ungkapnya.

SAYA MENGENAL TRUMAN dari dekat sekitar tiga tahun silam. Ketika itu saya mendapat penugasan National Geographic Indonesia ke Gua Harimau di Baturaja, Sumatra Selatan. Truman dan timnya tengah melanjutkan penelitian menyingkap gua yang mengekalkan gambar cadas dan kompleks permakaman purba terlangka di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Gua ini spektakuler karena menyimpan gambar cadas pertama yang ditemukan di Sumatra. Kisah feature itu terbit dalam edisi Januari 2013, berjudul “Tapak Jejak Pitarah Sumatra”.

Ketika itu Truman bersama timnya telah menemukan 66 kerangka individu. Namun, kini, mereka sudah menemukan 80 kerangka individu.
Di pondokan, yang lokasinya tak jauh dari Sungai Ogan, kami selalu sarapan bersama sebelum berangkat ke gua. Truman kerap membuka percakapan tentang kemajuan penelitian yang dicapai timnya. Setahu saya, dia memang sosok yang serius—apalagi bergelar profesor riset. Namun, dalam kehidupan bersama dalam satu pondokan, saya menemukan sosoknya yang humoris dengan kelakarnya yang mencairkan kebekuan pagi.

Di lokasi ekskavasi pun Truman menjelaskan segala sesuatunya dengan bahasa yang mudah dipahami orang awam, lengkap dengan ekspresi khasnya. Belakangan saya tahu, kelugasannya dalam memaparkan temuan penelitian ini lantaran dirinya juga berpengalaman menulis dengan gaya populer di media massa. Barangkali, tidak semua peneliti mempunyai keterampilan ini.

Singkat kata, meskipun kami berada di tengah hutan, Truman dan timnya telah membuat jurnalis seperti saya seolah berada di pekarangan rumah sendiri.
Di situs keramat warisan dunia, Sangiran, Jawa Tengah, saya berkesempatan menyaksikan fosil kranium dari stegodon dan kerbau purba yang baru saja ditampakkan lewat ekskavasi oleh Truman dan timnya. Ketika itu saya mendapat penugasan dariNational Geographic Traveler untuk kisah feature “Melintasi Sangkala di Cekungan Purba”, terbit November 2013.
Arkeolog senior Truman ...Arkeolog senior Truman Simanjuntak (bertopi hitam) dan Geolog senior Awang Harun Satyana (bertopi putih) bersama staf Museum Sangiran sedang mengobservasi potensi penelitian arkeologi baru di sekitar kawasan Sangiran. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Dalam sebuah kesempatan, kami menghabiskan sehari penuh mengobservasi Sangiran dan menjumpai warganya. Saya kagum menyaksikan Truman sebagai sosok yang menjalin kelindan dengan warga setempat. Kendati dia lahir dan tumbuh dalam adat Pematangsiantar, lelaki itu ternyata fasih berbahasa Jawa halus. Bahkan, warga setempat masih mengenal nama dan sosoknya.

Truman memang sudah berulang kali mendatangi situs warisan dunia itu. Tampaknya, kemampuan berbahasa Jawanya terasah sejak semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada dan bekerja di Balai Arkeologi Yogyakarta. Dia bermukim di kota itu sekitar 1973 hingga 1986, sebelum akhirnya dia melanjutkan kuliah master dan doktornya di Paris, Prancis.

TRUMAN BERHARAP PEMERINTAH memerhatikan tentang pentingnya penelitian dan mendesaknya kebutuhan sumber daya peneliti. Dia berkeluh kesah soal dana penelitian yang kecil. Sejatinya, Truman pernah mengatakan hal ini kepada saya ketika ekskavasi di Gua Harimau dan Sangiran. Betapa setiap tahun, timnya terkendala waktu penelitian yang hanya dua hingga tiga minggu—yang idealnya bulanan. Menurut hematnya, sudah sepantasnya pemerintah memberikan semacam kompetisi antarpeneliti untuk membuat proposal penelitian yang cemerlang. Proposal yang memenuhi kriteria akan mendapatkan pendanaan.

Kini, dia prihatin dengan minimnya sumber daya peneliti di lembaganya. Berbeda dengan LIPI yang tahun-tahun silam masih mendapatkan peneliti baru, ungkapnya, Pusat Arkeologi Nasional sudah beberapa tahun terakhir tidak mendapatkan peneliti baru. Seharusnya, setiap tahun harus ada rekrutmen peneliti baru supaya ada pembinaan berlapis. Truman berharap kepada pemerintah seyogianya jangan menyamaratakan moratorium pegawai karena “penelitian harus terus berjalan.”

“Kalau sekarang kita betul-betul moratorium,” ujarnya. “Jadi ada keterputusan antara peneliti dengan jam tinggi dan jam terbang menengah.” Kemudian dia melanjutkan, “Negara tanpa penelitian akan hancur atau mati. Tidak ada kemajuan. Karena lewat penelitianlah ada ide-ide baru kemajuan pengetahuan.”

Truman menerima penghargaan Sarwono Award tepat satu minggu sebelum hari ulang tahunnya. Tampaknya, penghargaan itu merupakan bingkisan semesta alam yang turut merayakan gempita hari jadinya yang ke-64.

Selamat atas penghargaan bergengsi ini, dan selamat ulang tahun, Pak Truman!
Kepala LIPI Prof. Dr. Ir. ...Kepala LIPI Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain memberikan selamat kepada Prof. (Riset) Dr. Harry Truman Simanjuntak, yang menerima penghargaan LIPI Sarwono Award 2015 pada 20 Agustus 2015. (Humas LIPI)

Journalist | Text Editor National Geographic Indonesia


Sumber:
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/08/truman-simanjuntak-dan-pluralisme-prasejarah-nusantara



No comments:

Post a Comment