Sunday, August 2, 2015

Goa Dihuni Manusia Prasejarah

Goa Dihuni Manusia Prasejarah

BATULICIN, MK- Goa-goa yang ada di Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu pernah dimanfaatkan oleh manusia prasejarah sebagai tempat tinggal.
Hal tersebut terkuak saat Sosialisasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Cagar Budaya Kawasan Kars yang diselenggarakan oleh Balai Arkeologi Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu (Disporabudpar Kab. Tanbu) di Ruang Rapat Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin, belum lama tadi.
Kepala Disporabudpar Tanbu HM Thaha mengatakan, indikasi yang menguatkan jika goa tersebut pernah dihuni oleh manusia prasejarah dengan ditemukannya artefak berupa sisa-sisa makanan cangkang kerang, pecahan batu sisa-sisa alat rumah tangga, artefak kerangka manusia, hingga pada lukisan yang ada di dalam goa.
Penelitian arkeologi prasejarah di Tanbu tersebut,  ujar Thaha, dilakukan oleh Balai Arkeologi Banjarmasin sejak tahun 2006 yang lalu. Survei yang dilakukan pada tahun 2006 tersebut dilakukan di tiga desa di Tanbu yaitu Desa Mantewe, Desa Rejosari, dan Desa Bulurejo Kecamatan Mantewe.
Menanggapi hasil penelitian tersebut, Thaha menyambut positif bagi pengembangan wisata alam atau goa di Tanbu. Dengan ditemukannya jejak manusia prasejarah 3000 tahun sebelum masehi tentunya menambah nilai ilmu pengetahuan, nilai sejarah dan nilai budaya di Kabupaten Tanah Bumbu.
Kedepannya, ujar Thaha, Pemkab Tanbu melalui Disporabudpar akan membentuk tim untuk kajian kelayakan menjadikan bukit liang bangkai dan goa sugung sebagai situs cagar budaya nasional di Kabupaten Tanah Bumbu. dan tidak menutup kemungkinan pula akan dijadikan warisan dunia.
Dari data yang disampaikan pada saat sosialisasi, Balai Arkeologi Banjarmasin berhasil menemukan situs-situs prasejarah di Tanah Bumbu seperti goa sugung, goa landung, dan goa pembicaraan di Kecamatan Mantewe, Goa Harimau di Desa Rejosari, dan Goa Payung/goa Tanjak di Desa Bulurejo.
Adapun peserta sosialisasi hasil penelitian yaitu guru sejarah SMP dan SMU yang ada di Tanbu. Kades di Kecamatan Mantewe, camat di masing-masing wilayah yang ada situs prasejarahnya serta SKPD yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.(muaz)



Sumber: www.optimaintermedia.com


http://www.mediakalimantan.com/artikel-3460-goa-dihuni-manusia-prasejarah.html#ixzz3hj8i83me




No comments:

Post a Comment