Friday, March 27, 2015

Fosil Spesies Manusia Pertama Ditemukan di Ethiopia

FFosil Spesies Manusia Pertama Ditemukan di Ethiopia

Fosil Spesies Manusia Pertama Ditemukan di Ethiopia
Fosil Spesies Manusia Pertama Ditemukan di Ethiopia (Foto: Livescience)
CALIFORNIA - Spesies manusia pertama ditemukan di Ethiopia. Sebuah fragmen rahang kuno diyakini sebagai fosil manusia paling tua yang pernah ditemukan.
Dilansir Livescience, Jumat (6/3/2015), fosil tersebut menunjukkan keluarga manusia pertama yang diyakini sudah ada sejak 500 ribu tahun.Temuan tersebut juga bisa membawa informasi mengenai area di mana manusia pertama tinggal.
Menurut peneliti, meskipun manusia modern adalah satu-satunya keturunan manusia yang hidup saat ini, spesies manusia lainnya diduga pernah menjelajahi Bumi. Fosil tersebut kabarnya merupakan anggota dari genus Homo, seperti manusia modern saat ini.
Selama beberapa dekade, ilmuwan mencari Afrika untuk tanda-tanda manusia pertama. Ilmuwan percaya terjadi pergantian dari spesies Australopithecus yang menyerupai kera menjadi spesies Homo atau manusia awal.
Hingga saat ini, bukti fosil genus Homo dipercaya telah berusia 2,3 juta atau 2,4 juta tahun. Riset terbaru menemukan sebuah fosil manusia di Ethiopia sekira 2,8 juta tahun.
Ilmuwan mengungkap detail temuan mereka dalam dua makalah online di Journal Science. "Kini kami memiliki fosil Homo dari waktu saat ini, bukti fosil Homo paling awal yang pernah ditemukan," tutur salah satu pemimpin peneliti dan penulis studi, Brian Villmoare, yang merupakan paleoanthropologist di University of Nevada di Las Vegas.
(ahl)

Sumber:

http://techno.okezone.com/read/2015/03/06/56/1114637/fosil-spesies-manusia-pertama-ditemukan-di-ethiopia


osil Spesies Manusia Pertama Ditemukan di Ethiopia

No comments:

Post a Comment