Friday, March 27, 2015

Nenek Moyang Manusia Tinggalkan Afrika Lebih Awal

Nenek Moyang Manusia Tinggalkan Afrika Lebih Awal
Senin, 31 Januari 2011 | 17:48
Nenek moyang manusia modern Eropa, Naenderthals [google]Nenek moyang manusia modern Eropa, Naenderthals [google]
[LONDON] Selama ini disebutkan peneliti, kalau nenek moyang manusia modern meninggalkan Benua Afrika sekitar 50.000 tahun yang lalu. Namun sebuah penelitian menemukan, kalau ternyata manusia itu lebih awal meninggalkan Afrika. 

Para ahli riset baru saja menemukan sebuah perangkat batu yang dibuat nenek moyang manusia modern sekitar 125.000 tahun yang lalu. Temuan tersebut terletak di situs Jebel Faya di Uni Emirat Arab. Hasil temuan mereka mengundang kontroversi, karena data  genetic yang mereka dapatkan, diduga kuat kalau eksodus atau perpindahan secara massal yang dilakukan nenek moyang manusia modern terjadi sekitar 60.000 hingga 70.000 tahun yang lalu. 

Penelitian yang dilakukan Simon Armitage dari Universitas London dan Hans-Peter Uerpmann dari Universitas Tuebingen, Jerman menemukan kalau perangkat batu buatan manusia lampau itu berusia sekitar 125.000 tahun lalu dan serupa dengan temuan di Afrika timur pada periode waktu yang sama. 

Menurut peneliti, manusia yang membuat perangkat tersebut merupakan pendatang di area yang terletak di kawasan pinggiran Laut Merah. Manusia modern diyakini muncul di Afrika sekitar 200.000 tahun yang lalu. Mereka kemudian melakukan migrasi ke sejumlah benua. 

Sejumlah kelompok manusia Neanderthals ditemukan di Eropa, sedangkan di Asia ada Denisovans. Dalam penelitian DNA, mampu menemukan waktu untuk merekonstruksi kapan tepatnya manusia bermigrasi. Para peneliti meyakini para pembuat perangkat batu yang ditemukan di situs Jebel Faya kemungkinan mencapai Semenanjung Arab saat terjadinya perubahan iklim dari gurun pasir yang gersang menjadi kawasan habitat dipenuhi padang rumput, sungai dan danau.  

Kelompok manusia ini kemudian melanjutkan perjalanan mereka menuju Teluk Persia, ke kawasan Iran dan Asia Selatan. Menurut Dr Mike Petraglia dari Universitas Oxford, temuan perangkat batu di India juga berasal dari nenek moyang manusia modern sekitar 60.000 tahun lalu. Bahkan sejumlah perangkat batu yang ditemukan pascaerupsi di kawasan Danau Toba, Sumatra, Indonesia diyakini terbuat sekitar 74.000 tahun lalu. [L-9] 



Sumber:
http://sp.beritasatu.com/gayahidup/nenek-moyang-manusia-tinggalkan-afrika-lebih-awal/3236

No comments:

Post a Comment