Monday, May 18, 2015

Lukisan Mirip Alien Dari Zaman Pra Sejarah Ditemukan Di Papua Barat Simbol Pahlawan

Lukisan Mirip Alien Dari Zaman Pra Sejarah Ditemukan Di Papua Barat Simbol Pahlawan

  • Ditulis oleh  Dtk/Agi/Papos
Gambar alien yang ditemukan di manokwari Papua BaratGambar alien yang ditemukan di manokwari Papua Barat IST/Papos
Jakarta  [PAPOS]  - Papua Barat menyimpan peninggalan era prasejarah. Salah satunya yang mungkin banyak belum diketahui lukisan di bebatuan di Tanjung Bicari. Lukisan aneka rupa itu berserak dengan aneka bentuk misterius. Arkeolog pun tengah melakukan penyelidikan.
Kepala Balai Arkeologi Jayapura Muhamad Irfan menyampaikan aneka lukisan di dinding itu menyimpan berbagai pesan.
"Motif lukisan pada dinding karst ada manusia kangkang, ubur-ubur, kadal, dan binatang laut lainnya," terang Irfan, Kamis (4/12/2014).
Soal manusia kangkang ini selain lukisan mirip alien yang disebut sebagai matotuo, memiliki arti khusus. "Manusia kangkang bermakna kesuburan," jelas dia.
Peninggalan prasejarah itu tengah dipelajari. Tim Arkeolog masih terus berupaya mengungkap tujuan dan pesan dari lukisan-lukisan itu.
"Kalau lukisan fauna menggambarkan lingkungan dan bermakna harmoni kosmos. Beberapa panel lukisan juga mengindikasikan pewarisan pengalaman," urai dia.
Tak sekedar melukis, manusia prasejarah di kawasan itu dinilai melukis juga sebagai bagian ritual tertentu. "Diduga kuat pelukisan dalam kaitan ritual," ungkap dia.
Diprediksi manusia prasejarah melukis gambar-gambar itu di era 2500 tahun sebelum masehi. "Manusia prasejarah di kawasan ini diduga berasal dari Afrika Timur dan mereka bermigrasi ke Papua," tutup dia. Ada lukisan misterius peninggalan manusia era prasejarah yang ditemukan di bebatuan di kawasan Tanjung Bicari, Papua Barat.
Lukisan makhluk aneh itu disebut mirip seperti gambar alien. Tapi menurut arkeolog lukisan itu adalah lukisan matotuo yang merupakan simbol antromorfik.
"Jadi penggambaran makhluk berkepala manusia berbadan kadal," jelas Kepala Balai Arkeologi Jayapura Muhamad Irfan, Kamis (4/12/2014).
Darimana manusia era prasejarah ini bisa mendapatkan rupa lukisan itu? Irfan menyampaikan lukisan itu abstraksi dan hasil imajinasi.
"Pada masa lalu matotua senantiasa menjadi pembela, pahlawan yang melindungi masyarakatnya dengan membawa senjata tombak," urai dia.
Lukisan itu berserak di Tanjung Bicari. Arkeolog masih meneliti lukisan yang diduga berusia 2500 tahun itu. Masih banyak yang akan diungkap bila penelitian telah tuntas dilakukan.  "Kami masih riset," tutupnya. [dtk/agi]

Sumber:
http://www.papuapos.com/index.php/papua-barat/item/5120-lukisan-mirip-alien-dari-zaman-pra-sejarah-ditemukan-di-papua-barat-simbol-pahlawan



No comments:

Post a Comment