Tuesday, May 12, 2015

Uniknya Rumah Baghi, Rumah Adat Besemah Di Sumatera Selatan

Uniknya Rumah Baghi, Rumah Adat Besemah 

Di Sumatera Selatan

Photo : indonesiakaya.com
Photo : indonesiakaya.com
Kebudayaan Indonesia sangat beragam karena nusantara sudah lama dimiliki oleh masyarakat adat dari banyak suku bangsa. Tidak mengherankan, jika Indonesia banyak memiliki aksara, bahasa, cara hidup, pakaian adat sampai rumah adat dari beragam daerah. Rumah tradisional Indonesia menjadi salah satu hal yang menjadi tolak ukur dalam gambaran budaya dari satu suku bangsa dan memiliki arti penting dalam berkembangnya warisan peradaban dan ilmu sejarah karena segala sesuatu dilakukan berawal dari rumah.
Hal ini merupakan gambaran di Desa Tegurwangi, tepat di Kaki Gunung Dempo, Pagaralam, Sumatera Selatan, di tengah sawah yang menguning, terdapat sebuah rumah adat Besemah yang dikenal dengan nama Ghumah Baghi atau Rumah Baghi. Rumah adat ini adalah rumat adat yang sudah ada sejak beratus tahun lalu dan dibangung oleh nenek moyang masyarakat Besemah, Pagaralam.
Rumah ini mempunyai ciri khas di bagian atapnya yang meruncing seperti tanduk. Dari bentuknya, rumah ini serupa dengan rumah adat minang atau Toraja, namun yang membedakan yakni atap rumah baghi tidak terlalu runcing dan dibangun dengan bahan ijuk atau serabut pohon aren dan bambu.
Photo : le-artgallery.blogspot.com
Photo : le-artgallery.blogspot.com
Konstruksi rumah adat Besemah ini memakai pasak yang menyatukan bagian rangka. Yang membuat menarik adalah semua bagian yang disatukan tidak memakai paku. Sama halnya dengan pemasangan bagian dindingnya, dipasang dalam kerangka dinding lewat lubang alur yang menjadi penguncinya. Selain itu, salah satu rumah tradisional Indonesia ini tidak memiliki jendela dan hanya mempunyai satu pintu di bagian tengah.
Dari bentuk menyeluruh, rumah baghi memiliki tiga ukuran, yakni kecil, sedang, dan besar dan menjadi penunjuk status sosial orang yang memilikinya, begitu juga bentuk dan ornamen rumah tersebut. melihat semuanya, dapat disimpulkan bahwa sejak dulu, masyarakat adat Besemah sudah mempunyai kreatifitas dan seni yang tinggi.
Rumah adat Besemah ini juga terkenal kokoh dan tahan lama. Walau sudah berumur ratusan tahun, Ghumah Baghi yang terdapat di Desa Tegurwangi, Pagaralam, Sumatera Selatan, tetap kuat sampai saat ini. Hanya saja dibutuhkan perhatian khusus dari pemerintah daerah dan masyarakat seluruhnya untuk tetap menjaga dan melestarikan salah satu kekayaan kebudayaan Indonesia yang unik dan menarik ini.
Penulis : Rotua Sitompul

Sumber:
http://travelblog.ticktab.com/2014/11/14/uniknya-rumah-baghi-rumah-adat-besemah-di-sumatera-selatan/

No comments:

Post a Comment